Desa Dengan Nama Terpanjang di Eropa

Saturday 12 October 2013

Desa Dengan Nama Terpanjang di Eropa


Desa yang mempunyai nama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch ini terletak di pulau Anglesey, Wales, di sekitar Selat Menai, sebelah jembatan Britannia dan di seberang selat Bangor.



Desa ini pun kemudian dikenal sebagai destinasi dengan nama tempat terpanjang di Eropa dan salah satunya di dunia. Agar lebih mudah dihafal, penduduk setempat biasa menyingkatnya dengan sebutan Llanfairpwllgwyngyll atau Llanfair Pwllgwyngyll.



Nama desa ini jika dihitung berjumlah 58 huruf, namun dalam bahasa Welsh nama tempat ini dianggap hanya terdiri dari 51 huruf, sebab "ch" dan "II" termasuk digraf atau huruf tunggal.



Kira-kira, nama sepanjang itu memiliki makna apa? Nama desa ini berarti: Gereja Santa Maria (Llanfair) di dalam (pwll) pohon hazel putih (gwyngyll) dekat (goger) pusaran air yang cepat (y chwyrndrobwll) di gereja Santa Tysilio (llantysilio) di gua merah ([a] g ogo goch). Sebagaimana dilansir Wikipedia, pada sensus tahun 2001, penduduk desa Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch mencapai 3.040 jiwa, 76% di antaranya fasih berbahasa Welsh.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Belajar Bareng - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates